TELEPRINTER

Telepinter hampir sama dengan telepon.  Akan tetapi,  bila telepon menggunakan kata-kata lisan, maka teleprinter menggunakan kata-kata tertulis. Teleprinter adalah mesin yang dapat mengetik pesan, teks yang di produksi dari kejauhan pada mesin yang serupa.

      Mesin pengiriman dan penerimaan tersebut dihubungakan dengan kabel telegraph atau radio. Walaupun secara teknis, kecepatan maksimumnya adalah 70 kata permenit, operator yang cakap umumya dapat mengirim hanya 35-40 kata permenit.

      Selain itu, alat tersebut dapat digunakan untuk menerima dan mengirim telegram dan kawat. Pada beberapa mesin, pesan yang akan dikirimkan dapat disandikan pada pita kertas pelubang dan kemudian dikirimkan secara otomatis dengan kecepatan 70 kata per menit. Pesan yang baru masuk dapat pula di terima dalam bentuk pita berlubang untuk di uraikan sandinya dan di ubah ke dalam bentuk tercetak.

      Pengiriman otomatis dapat menghemat waktu dan uang apabila ada ada hubungan interlokal dan luar negeri.  Teleprinter yang di hubungkan dengan jaringan teleks dapat dibiarkan hidup tanpa di tunggui sepanjang siang dan malam. Pesan yang masuk di terima dan di cetak secara otomatis. Pelayanan ini sangat penting untuk komunikasi internasional di antara zona waktu yang berbeda. Bila perlu pesan dapat di acak agar tetap rahasia hingga di rapikan kembali oleh orang yang berwenang. Teleprinter juga dapat di beli dan di pasang untuk tujuan komunikasi antar departemen. Alat ini sangat  berguna bila ada kebutuhan untuk mengirim informasi dengan cepat dan akurat dlam keadaan dimana pengguanaan pesan lisan lewat telepon mungkin menyebabkan kesalah pahaman dan kesalahan.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini